-TA-TA-an!!-

Author: Budiharja Kusuma // Category:
Hai-hai.. I'm back!
Di semester 6 ini, sesuai kalender pendidikan dan kurikulum yang ada di fakultas jurusan gue, adalah saat dimana kita sekelas musti-harus-kudu ngerjain yang namanya TA (Tugas Akhir). Meskipun berdasarkan kalender kegiatan bermalas-malasan gue, seharusnya gue lebih banyak tidur siang dan jalan-jalan sekarang.

Keterangan: Kalau mahasiswa S1 diharuskan membuat skripsi agar mereka lulus, bagi mahasiswa D3 teknik kayak gue diwajibkan membuat TA agar dinyatakan lulus. Bedanya, kalau skripsi lebih ke riset, TA yang kita buat lebih ke sebuah karya. Jadi tugas akhir kita adalah membuat suatu karya (content) sesuai dengan apa yang kita dapat dari jurusan dan fakultas kita masing-masing.

Semester 6 ini merupakan saat-saat yang paling ditakutkan diimpi-impikan mahasiswa D3 dari semua tahap-proses-waktu dalam perkuliahan mereka. Seperti siklus metamorfosis dari ulat, yang asalnya dari telur berubah menjadi ulat, lalu kemudian menjadi kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu dalam metamorfosis sempurna, kita sekarang juga mengalami proses dari larva menjadi kepompong. Kita sekarang sedang menunggu hingga 4 bulan ke depan untuk menjadi serangga yang sesungguhnya. Karena basic, kemampuan dan asal kita berbeda-beda, kita tak pernah tahu pada akhirnya kita menjadi kumbang kayu dewasa, capung, ngengat, ataupun kupu-kupu gajah yang indah. (Gue sendiri sih, berharap berakhir menjadi kupu-kupu emas raksasa yang selalu berkilau jika terkena sinar matahari dan bertaburan serbuk-serbuk emas tiap kali gue mengepakkan sayap, tapi ternyata iu gak ada. Itu cuma ada di film Ultraman.)
Seperti yang telah kita duga sebelumnya, beban dari TA sendiri ternyata gak mudah (setelah sebelumnya nanya-nanya ke kakak kelas tentang TA, dan makin shock setelah itu). Sejak masuk kuliah semester ini, kita sering dilanda bedmut (baca: bad mood). Tekanan TA yang super-duper-mega-giga besar itu selalu membuat kita merasa seperti ’terbebani’ (kita sebut sebagai: depresi). Misal, lagi enak-enak ngobrol santai di kantin, eh tiba-tiba mata teman kita berubah menjadi kosong dan ngomong, “Eh, TA-mu gimana?! Progress-mu udah sampe mana??” belum sempet kita jawab, dia udah nambahin lagi “Aghh!!.. Aku belum ngerjain sama sekali, nih!..” Lalu teman kita tersebut menunduk sedih hingga waktu yang lama dan tak bersuara. Kita segera sadar, efek dari tekanan TA mirip-mirip dengan kesurupan.

Agar tetap semangat, banyak dari kita yang mensugesti diri sendiri dengan cara mengucapkan mantra I love my TA! I love my TA! I love my TA!” secara berulang-ulang dan khusuk. Meskipun terlihat seperti aliran kebatinan, ternyata banyak diantaranya kembali bersemangat dan fokus mengerjakan TA-nya. Cara ini berhasil. (Attention! Ini sangat berbeda dengan sugesti macam “Your girl wants me! Your girl wants me!”)
Gue sendiri lebih milih banyak-banyak menonton acara Mario Teguh Golden Ways dan banyak mengambil quote-quote penyemangat yang membuat gue jadi kembali PD lagi. Gak lupa, malam sebelum tidur, gue nyetel lagu Jangan Menyerah-nya D’Masive. Ditambah dengan segelas susu hangat dan biskuit coklat setelah gue cuci kaki dan tangan, ini sempurna.
Biasanya gue mudah tertidur abis gitu (???).

Other side, ternyata judul TA yang kita ambil sangat menentukan seberapa depresi kita selama 4 bulan ke depan. Ini terbuktikan dari riset gue.
Kita sekelas mengambil macam-macam judul TA. Mulai dari pembuatan animasi 2D (2 Dimensi), pembuatan animasi 3D, pembuatan game flash, pembuatan E-Magazine (majalah elektronik), pembuatan Web, pembuatan portofolio fotografi, software simulasi fotografi, pemberian sound effect pada video, pemberian special effect pada video, hingga penggabungan video nyata dengan karakter animasi 3D. Bagi yang membaca judul-judul ini, pasti akan berkomentar “Wow!! Kerenn!!..” tapi bagi yang melakukannya, pasti akan berpikir “Goddamnit! Sulit banget!!” atau “Sial! Gue kemaren kok bisa kepikiran ngambil judul ini?!!”
Pelajaran penting dalam menentukan judul TA adalah: lihat kemampuan kita, tentukan apa yang pengen dan dapat kita kerjain, bandingkan, lalu hitung dengan sisa waktu 4 bulan untuk pengerjaan, lalu simulasikan apa yang akan kalian kerjakan dalam 4 bulan tersebut dalam pikiran kalian. Kalau dalam simulasi kalian selama 4 bulan tersebut ternyata kalian membayangkan mampu dan lancar, ambil judul tersebut. Kalau ternyata dalam simulasi bayangan kalian berakhir menjadi gembel dan depresi berkepanjangan karena terlalu banyak apa yang harus dipelajari dan dikerjakan, coba cari judul lain.
Pelajaran lain yang penting juga adalah, jangan pernah tertipu oleh judul. Jangan pernah memilih judul karena banyak teman kita juga banyak yang mengambil judul tersebut ataupun ada dosen yang berbaik hati memberi judul yang beliau sediakan. Sekali lagi, lihat kembali kemampuan kita. Apakah kita mampu?

Gue sendiri mengambil TA Pembuatan Animasi 2D. Jadi intinya, gue bikin kartun buat tugas akhir gue. Mengapa gue mengambil itu? Itu karena animasi adalah hal kesukaan gue yang udah gue pelajari di kampus. Meskipun bikin animasi itu gak gampang, tapi gue suka animasi. 'apa-yang-kita-sukai' adalah modal yang besar dalam pengerjaan tugas akhir. Karena dengan menyukainya, kita akan terus bersemangat menyelesaikannya hingga akhir.
Gue sendiri baru menyadari bagaimana susahnya judul TA yang gue ambil. Sekarang udah masuk minggu ke-4, dan gue baru ngelarin storyboard untuk adegannya aja sodara-sodara! Dan gue baru belajar ngetek-ngutek Adobe Flash dikit, belum ngerjain sama sekali! (pas mengetik hingga bagian ini, gue jadi inget lagi progress TA gue dan kembali down -_-”)
Setelah ngelarin storyboard yang hingga 150 kotak panel untuk animasi 3-4 menit (setelah sebelumnya sempet stres nyari ide cerita dan gak nemu-nemu), shock dengan storyboard-yang-menurut-gue-ceritanya-cuma-bentar-tapi-adegannya-ternyata-seabrek, ternyata masih aja ada revisi dari dosen pembimbingnya pada storyboard tersebutdan ada beberapa hal yang harus diubah.Ya, doain minggu ini gue BENER-BENER bisa mulai mengerjakan TA gue tersebut. Oke, sekian dulu tentang TA-TA-an ini. Semoga gue lancar dalam menyelesaikan TA gue. Amin..

I love my TA! I love my TA! I love my TA!” *berteriak dalam hati*



Last, gue mungkin akan 'masih' jarang nge-post karena TA ini, but I'll try to keep write something in this blog. :)
Bagi yang pengen mengunjugi gue di twitter, ini alamat gue: @budiharja
just mention me! :D


7 Responses to "-TA-TA-an!!-"

Momod Says :
23 Maret 2011 16.53

selamat menempuh hidup baru dengan si TA :D
good luck

nee.Ya.nia Says :
23 Maret 2011 22.54

nais inpoh gan, jadi punya bayangan buat milih judul.. tp jadi ikut2.an mikir TA.. =___________________="

semangat.. semangat.. *\(^o^)/*

-boot_d- Says :
26 Maret 2011 07.09

@momod: iya, semoga kami sakinah, mawadah, warohma..
thnaks! ^^/

@neeya: wkwkwkk... bener, lebih baik rencanakan mulai dari sekarang. kayak anggung tuh, dia udah tau mau bikin TA apa.. :D

makasih.. \^o^/

buret Says :
27 Maret 2011 16.39

jadi masa2 kuliah....sms 6 merupakan masa yg cukup menegangkan, hehehe

tjuandha Says :
2 April 2011 07.47

2 dimensi, pengen liat!

-boot_d- Says :
2 April 2011 08.24

@tjuandha: haha.. :D oke, tunggu aja..

Posting Komentar