-huru-hara on air di radio EOS!!-

Author: Budiharja Kusuma // Category:

(senin 30 maret 2009)


Ternyata on air di radio tuh gak semudah yang dibayangin yah..
Dan ini udah gue buktiin sendiri..





Di kampus gue dibuka UKM Radio. Namanya Radio EOS (EEPIS On Sky). Ini adalah UKM khusus anak Telkom ama anak Broadcasting.
Karena kebanyakan yang ikut adalah anak Telkom, maka alhasil, sekelas cuma gue yang ikut UKM ini. (pengen tau, cara mengobrak-abrik sebuah radio tuh kayak gimana sih?)
Hehe…

Gue kebagian hari perdana peluncuran radio ini. Yaitu hari senin. Gak sendirian, Gue ditemenin, eh lebih tepatnya bersama 2 ekor anak lagi(yang lagi sial, harus ketemu ama gue), yaitu si Febri ama si Dwi. Mereka dari Telkom.
Kalo aja mereka bisa tukeran hari, mereka pasti akan lebih memilih memilih On Air di hari laen, ato nggak sama sekali.. (kata mereka gitu..)
(hehe.. emang gue apaan? Pengidap Flu Babi apa?)



Karena radio ini belom resmi dan belum ada ijinnya, maka sinyal radionya dibuat kecil. Jadi cuma bisa didengerin dari sekitar kampus aja. (dan katanya, di tempat kost yang deket kampus juga masih kedengeran)
dan kita hari ini berlatih muterin lagu ama belajar ngomong di radio.(baca: belajar ngomong kayak orang autis lagi on air!)

kesalahan pertama dan yang paling fatal disini adalah..

GAK ADA HEAD PHONE!!

Kalo pun ada, itupun cuma satu. Dan gak tau harus dicolokin kemana tuh Headphone, supaya kita tau, udah on air apa nggak!

Setelah beberapa kali muterin lagu,(yang masih gak tau, udah bisa kedengeran ato gak) akhirnya kita(dengan bodohnya) berinisiatif ngomong. Sedangkan si Febri sibuk ngerjain tugasnya di situ. Dia sibuk sendiri, ngitung-gitung gak jelas sambil bakar dupa... hehe…

Gue : (nyalain Mic. mukul-mukul Mic dengan jari. Berharap terjadi sesuatu) eh, gak kedengeran apa-apa.. gini ini udah nyala kan? (nunjukin tombol ON/OFF Mic yang udah gue utak-atik tadi)
Dwi : (ngelatin) itu udah! Kalo ngadep ke atas itu berarti udah!
Gue : tapi kok gak nyala ya? TEST.. TEST… HALO…
Dwi : Mas, emang nggak kedengeran gini ya?
Mas Zainul : emang. Soalnya kalo kedengeran, nanti gelombangnya mantul lagi.. jadi kayak yang di tipi-tipi itu..
Gue : TEST.. TEST.. nah.. Terus, supaya tau ini udah bisa ato gak, gimana dengernya?
Mas Zainul : ya.. kalo ada yang punya mp3 radio bisa didengerin langsung.. pake ini aja.
Mas Zainul ngasihin zimat andalannya. Sebuah mp3 radio. Entah, dia nemu dimana..
(hadooh Mas!! Kok nggak dari tadi-tadi aja sih…)
Mas Zainul : biasanya anak-anak pake ini buat dengerin..
Oalah….
Akhirnya mp3 itu dan headphone itu disatuin deh… mereka udah kayak sepasang kekasih yang udah nggak mungkin terpisahkan lagi.. (berhasil!)
Gue : coba Feb!
Febri : (masang headphone ke telinganya setelah nyetel letak gelombangnya) eh! Kedengeran!!
Dwi : ku sms anak-anak ya… tak suruh ndengerin, udah kedengeran apa enggak. (mulai ngetik di hp-nya)
Gue : (nge’klik’ di mouse komputer. Ngganti lagu.) kalo gini gimana?
Febri : iya. Udah ganti..
Gue : beneran?!!
Febri : Iya.. kedengeran…
Gue : TEST.. TEST… HALO.. gimana?
Febri : iya.. suara kamu kedengeran…

Kita semua takjub! Setakjub saat gue ngaca, dan ngeliat bayangan gue sendiri. Setakjub saat mencicipi mie instan yang pertama kali gue masak sendiri.
ternyata dari tadi kita On Air!!
Hore!!

Dan berarti dari tadi….


berarti.. (mulai sadar akan kesalahan.. kesalahan yang besar)


Dari tadi…

SEMUA YANG KITA OMONGIN TUH ON AIR!!!

MAMPUS!!

Berarti semua orang ngedengerin radio ini bakalan ngedenger semua obrolan kita tadi..

Gue ngeliat Mic di tangan gue.
Bener.. Mic ini dari tadi nyala.
Dan berfungsi dengan baik tentunya…

Gue : seh, nyoba dong..
Febri : (ngasih headphone ke gue)
Gue : (langsung masang ke telinga gue. Bener… lagunya kedengeran) TEST.. TEST.. (dan bener.. suara gue kedengeran)
Dan bener.. gue bego banget!! Masih aja ngetes suaranya dengan suara “TEST.. TEST..” itu..


Dwi : eh, dibales!
Gue : gimana katanya?
Dwi : katanya; udah aku dengerin dari tadi.. kalo on air yang serius dong.. kalo ngomong ya ngomong.. kalo enggak ya enggak.. ngaco!!…
Gue : …
Febri : budi sih..
Gue : …
…..
………


………………


Spoiler: setelah itu gue ama si Dwi yang terus ngomong. Si Febri ngelanjutin ngerjain tugas-tugas dari dosennya (yang entah ampe bubaran masih belom kelar juga..).
Pas ada anak yang request minta lagunya ello, eh, ternyata koleksi lagu di komputernya gak lengkap! Nggak ada lagunya ello secuilpun!(hehe.. emang ini apaan?)
Akhirnya kita berinisiatif ngasih lagu ular berbisa-nya HELLO aja.(dengan permintaan maaf sebelum muterin tuh lagu…)
Huh…huh…huh…

Pesan moral : jangan ngomong ngawur saat on air! Tetep sehat, tetep semangat, biar kita bisa…
(itu wisata kuliner ding!!)



9 Responses to "-huru-hara on air di radio EOS!!-"

nadia Says :
1 Mei 2009 19.12

,wah.....siaran???

,kayaknya seru tuh....

,palagy penyiarnya dodol kyak g2...

,hahha...

,ohya,awardnya kpan2 aja deh ya takkerjain... :p

andi Says :
1 Mei 2009 20.20

jiahahahaha... terlalu ngebet buat on er sih...

Besok2 harus dilengkapin tuh fasilitasnya...

nie Says :
2 Mei 2009 08.28

wkwkwkw..geloooooo.wkwkwkwkwk
lo kok lucu seh. :D
tapi tetep semangat deh ya

QEnt-chan Says :
2 Mei 2009 12.30

wahahahaaa..
mampus lo kedengeran.. hehe..
untung gak ada yang lagi pacaran disitu.. eh ada denk .... tuh mp3 radio.. haha
"mereka udah kayak sepasang kekasih yang udah nggak mungkin terpisahkan lagi."
gila loo...

ebenk789 Says :
2 Mei 2009 12.43

Klo dari pengalaman gw sih Waktu pertama siaran ntu memang degdegan gmn gitu, tapi makin hari malah siaran biasa2 aja.. Gak ada yg menarik-meniaknya selain gampang cari temen plus cari cewe :D

Malah gw lebih parah harus jadi PJ radio kampus :( cape dah..!!! tapi enak juga sih mau siarang sesuka hati gw haha...

enjii Says :
2 Mei 2009 15.53

wah..asiknya siaran.
kyaknya asik yah, bisa cuap2 gitu..

sayangnya aq gak pinter ngomong T.T

miss R Says :
2 Mei 2009 21.07

huahuahua
ada-ada aja nih.
baru tau ada siaran radio on air macam ini.
wkwkwkwk :D

Goesphin Says :
2 Mei 2009 23.12

wah... keren tuh....
manteb juga,, bagus22... lanjutkan.... :D :) ;;)

The Thorpe Says :
3 Mei 2009 06.04

wuiidih kayaknya seru banget tuh siaran,,apalagi di hari perdananya..haha..
tetep semangat bro..hho..

Posting Komentar