-masa depan dapat diramal??-

Author: Budiharja Kusuma // Category:

(sabtu 2 mei 2009)



Ada yang udah liat film ‘Knowing’ gak?
Itu lho, film yang dibintangin ama Nicholas Cage (bener gak tulisannya?) yang ceritanya tentang misteri musibah di masa depan? Kamis kemaren, gue ama sebagian MMB Rangers nonton tuh pilem..


gue review dikit yah…
Jadi ceritanya tuh, dimulai 50 tahun yang lalu saat sekolah SD yang bernama..(gue lupa namanya) mempunyai ide untuk perayaan ulang tahun sekolahnya itu dengan cara menanam time capsule (kapsul waktu). Setiap anak di kelas itu di suruh untuk membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan, tepatnya 50 tahun ke depan. Lalu mereka di suruh menggambar di sebuah kertas untuk menggambarkan ‘masa depan’ yang ada di kepala mereka. Tapi ada satu murid yang bernama Lucinda (tumben, yang ini inget.) yang bukannya menggambar, malah cuma menulis deretan angka secara acak di kertasnya hingga penuh.
Kertas-kertas itu dikumpulkan, lalu dimasukkan ke dalam Time Capsule dan ditanam di bawah tanah di depan halaman sekolah mereka. Mereka harus mengambil kembali kapsul waktu itu di ulang tahun sekolah itu 50 tahun ke depan.

50 tahun kemudian, Nicholas Cage yang mempunyai anak yang ’juga’sekolah di sekolah itu datang untuk melihat anaknya yang bernyanyi di perayaan ulang tahun sekolah itu dan juga untuk menghadiri acara pengambilan kapsul waktu.

Kapsul yang berisi gambar-gambar tersebut diangkat dan isinya dibagi-bagikan ke semua anak yang ada disana. Ternyata, ’anak’ dari Nicholas Cage ini yang mendapatkan kertas milik Lucinda (yang berisi deretan kode acak tersebut). Ternyata, kertas ini tidak dikembalikan lagi ke sekolah oleh si anak karena merasa deretan angka tadi pasti berisi kode-kode pesan yang dirangkai dari rangkaian deret tertentu dalam matematika.
Setelah si anak tidur di malam hari, si ayah ini penasaran dengan apa yang dikatakan anaknya tadi. Ia menuliskan sebaris kode di kertas itu di papan tulis dan mencoba memecahkannya. Menduga bahwa deret angka yang pertama adalah sebuah tanggal, maka sang ayah ini mencoba mencari di google(internet), apa yang terjadi di tanggal tersebut.
Ternyata di tanggal tersebut, ada sebuah musibah yang telah terjadi dan banyak memakan korban disana. Dan jumlah korbannya sama persis dengan nilai deret angka setelah kode tanggal tersebut. Sang ayah-pun semakin penasaran.
Setelah semalaman mencari di google, ternyata benar. Semua kode itu adalah peristiwa-peristiwa musibah yang terjadi di 50 tahun terakhir. Yang berarti, kode-kode itu adalah sebuah ramalan, karena ditulis 50 tahun yang lalu, sebelum peristiwa-peristiwa itu terjadi.
Dan tersisa tiga tanggal hari musibah yang belum terjadi. Dan sang ayah inipun mencoba membuktikannya sendiri, apa di sisa tanggal tersebut memang akan terjadi musibah?

Spoiler:
Bahkan di urutan tanggal yang terakhir, setelah kode tanggal, cuma tertulis huruf EE yang ditulis secara terbalik, bukannya angka. Nantinya, akan diketahui bahwa EE adalah singkatan dari Everyone Else (semua orang).
Apakah itu berarti ’Kiamat’?
Untuk lebih jelasnya, lebih baik nonton sendiri ya..
Hehe...


Oke!
Balik lagi...

Setelah nonton film itu, gue diajak kembali buat mikir,
-Apa bener, masa depan kita dapat diramalkan?
-Apa bener, ada orang-orang yang di dunia ini yang dapat melihat ’masa depan’?
-Apa bener, apapun yang kita lakukan dalam merubah masa depan, tidak dapat merubahnya?

Pertanyaan pertama, gue separuh percaya separuh enggak.
Kenapa percaya? Gini,(ini teori fersi gue) kalo misalnya sejak sekarang gue suka sekali menggambar, lalu ada orang yang melihat saat gue menggambar dan bilang gini ke gue,,
”bagus sekali gambarmu Nak! Suatu saat kamu pasti akan jadi pelukis yang hebat!!”
Maka gue akan percaya atas apa yang dikatakan orang itu. Itupun kalo gue emang berniat ato bercita-cita jadi pelukis. Karena kalo emang sejak dini kita berlatih menggambar, bukan tidak mungkin, kalo suatu saat kita akan menjadi pelukis yang hebat.

Beda lagi kalo gini, masih keadaan yang sama,, tapi orangnya bilang gini,,
”bagus sekali gambarmu Nak! Suatu saat kamu akan pasti akan jadi gitaris yang hebat!!”
...
Ngaco kan? Apa hubungannya coba? Antara menggambar dengan gitaris??....


gue makin nggak percaya, kalo keadaannya gini,
gue datang ke peramal, lalu tiba-tiba aja tangan gue ditarik(dengan liar) dan diliat garis tangannya. lalu telunjuknya mulai meraba garis tangan gue. Lalu peramalnya tiba-tiba ngomong gini,,
”Nak, kamu nanti akan sukses saat umur 30 tahun. Tapi mati saat umur 35 tahun. Trus,...”
...
Pasti deh, gue akan langsung pergi dari tempat peramal itu!!
Ada nggak sih, yang mau diberitahu kapan matinya?!
Dan gue akan semakin nggak percaya, kalo obrolan ini masih aja dilanjutin,,
Peramal : ”eh Nak? Mau kemana?”
Peramal : Nak! Tunggu!... jangan pergi!... Kamu belum bayar!!
Gue : ENGGAK! Siapa juga yang mau dikasih tahu kapan matinya?!
Peramal : baiklah!.. Sebenarnya kamu mati umur 50 tahun!! Jadi tolong kembali....
Gue : ENGGAKK!!!!......
Peramal : Oke! Kamu sebenarnya nggak bisa mati! Tapi tolong bayar dulu... Nak!!.....
...

Pertanyaan kedua, ini juga agak ragu-ragu gue jawabnya.
(Apalagi kalo peramalnya kayak yang diatas.)
Kalopun percaya, palingan yang meramal secara general.
Tahu Mama Loreng kan? Eh, maksudnya Mama Lauren?
Pernah liat di tipi, saat Mama Lauren meramalkan apa yang akan terjadi dalam setahun?
Contohnya gini,,
”di tahun 2009 ini akan banyak artis perempuan yang hamil setelah menikah dengan suaminya. Akan banyak juga pendatang baru di dunia artis. Baik itu penyanyi maupun pemain sinetron. Lalu akan terjadi peristiwa yang menakjubkan di awal pertengahan tahun ini.. yaitu demam facebook dimana-mana...”
....


Pertanyaan terakhir : nggak percaya!
Masa depan kita, yang menentukan adalah kita sendiri.... jadi kalo kita ingin meraih masa depan yang sesuai dengan keinginan kita, maka kita harus sekuat tenaga melakukannya mulai sekarang..
Bener nggak?

Bagaimana dengan ramalan ”tahun 2012 akan terjadi kiamat kecil”?
(ini beneran gue liat di tipi!)
Ada yang percaya???




10 Responses to "-masa depan dapat diramal??-"

Y . A . Z Says :
1 Juni 2009 19.33

the movie is damn cool! i've ever seen the movie and the movie make me more sure about end of world and death...

kalo ramal meramal sie, anggap aja kayak intermezo aja, hiburan gitu, ngga usah di bikin serius...hehehe...

ROSMANA APOLLA PUTERA Says :
1 Juni 2009 20.27

Reply menanggapi kiamat 2012.

Sebenarnya hal itu menurut saya hampir tidak mungkin terjadi, karena:

Menurut buku yang saya baca (tentang masalah Islam tentunya), tanda-tanda kiamat yang tertulis di dalam Al-Qur'an serta Hadist Nabi sangat banyak. Diantaranya yang saya ingat:
1. Gurun Sahara kembali menjadi hutan seperti keadaanya dulu. (silakan baca salah satu artikel saya yg berjudul ONE OF THE DOOMSDAY SIGN, SAHARA DESERT REFORESTATION).
2. Kemunculan Imam Mahdi, Nabi Isa, dan dajjal.
3. Terbitnya matahari dari arah barat dan kemunculan Al-Jassasah (hewan yg dpt berbicara kepada manusia, tulisannya lupa gimana. Mungkin begitu)
4. Terjadinya perang besar akhir zaman (orang Kristen biasa menyebutnya dengan perang Armageddon)
5. Dll, karena terlalu banyak (beneran lo! Lebih 15 kalau tidak salah)

Jika betulan terjadi, mungkin yang terjadi pada tahun 2012 hanya kiamat sugra / kiamat kecil karena perubahan iklim dan jatuhnya meteor ke bumi (adanya meteor yang menabrak bumi juga salah satu tanda kiamat).

Perhatian! Komen ini hanyalah opini saya, terkecuali tanda-tanda kiamat yang telah disampaikan dalam Qur'an dan hadis (maaf kepanjangan)

andie Says :
1 Juni 2009 20.37

namanya juga pile bro
heheh :D

teruskan lah mereview pilem bro.
biar kubaca dan ak sok2 udah nonton ma temen ku..
heheh :D

RanggaGoBloG Says :
1 Juni 2009 21.01

waaaaaaaaah.. panjang banget resensinya..... koment dulu aja akh... ntar lanjut lagi bacanya... hihihihhii....

ROSMANA APOLLA PUTERA Says :
1 Juni 2009 21.11

EDIT:
Semua yang terjadi di masa yang akan datang masih merupakan hal dan urusan yang gaib karena hanya Tuhan lah yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

ROSMANA APOLLA PUTERA Says :
1 Juni 2009 21.17

P.s. Maksud EDIT di komen sebelumnya adlh untuk menambahkan komen saya yang pertama. (maaf mas, jadi kebanyakan komen nggak guna, lagi online lewat hp sih)

Mirzal Dharmaputra Says :
1 Juni 2009 22.26

daripada mikir kiamat apa enggak, medingan mikir besok ada celana dalam bersih apa enggak... karena celana delam penting untuk kehidupan sehari-hari kita, kita tidak akan bisa beraktifitas tanpa itu,.

HIDUP CELANA DALAM!

*lho?*

hahahaaaa

-teRJaGa- Says :
3 Juni 2009 12.45

satu detik kedepan pun adalah masa depan..
betapa penting arti o,xxx detik untuk para pembalap..
lalu apa arti detik-detik bagi kita..

OBLO Says :
4 Juni 2009 14.54

Pusing juga bacanya.. hehehehe
tapi yang jelas ane berserah diri aja deh..
yang penting selalu berbuat yang terbaik aja :D

Benazio R.P Says :
4 Juni 2009 15.41

bahaha pilemnya jelek banget, efeknya doang bagus, terakhirnya ga jelas ada boyband dari mane uaheuaheuahe

Posting Komentar