-after one year!!-

Author: Budiharja Kusuma // Category:

(31 juli 2009)



Yip-yiph!!..

Wah! Nggak kerasa ya, udah setaun lebih sejak blog ini dibuat.
Dan banyak kisah haru biru yang menyertai pada proses penyempurnaan blog ini tentunya.. (ceileh..)
Banyak banget kisah, mulai dari mengacaukan blog dengan naruh script kode sembarangan, (yang ngebuat gue depresi selama 2 minggu, karena blog gue jadi nggak karuan dan mulai membenci pencipta kode html), bingung mau diisi apa blog gue ato mau nulis apa di blog, (dan sempet mempertanyakan, mengapa gue buat blog), gila nulis dan masih buanyaaaakkk banget hal-hal yang terjadi selama setaunan ini! (untuk yang dianggap gila ama temen ama dosen gue karena nulis hal-hal yang nggak pentng di blog, nggak termasuk!)
Yeah! Gue udah ngelewatin (hal-hal yang abnormal) itu semua hingga blog ini tampil warna-warni seperti yang kamu liat sekarang.
(kalo yang kamu liat sekarang cuma warna item, itu artinya monitornya belom nyala!)
Flashback ya..
Oke, here we go..



Gue masih inget betul, setaun yang lalu, waktu gue pertama kali masuk kuliah, (dugaan kuat, bisa lolos karena tes gambar aja), ada yang namanya ospek jurusan. Dan tugas pertama dari kegiatan ini adalah ’membuat blog’. Nah, kalo di ospek laen kita disuruh buat papan nama, pake pita, ato hal-hal lainnya yang nggak jelas, ini enggak. Kita disuruh buat blog! Ini adalah awal mula semua ini terjadi.
Wah! Membuat blog! Keren! Tapi.. blog? Apa? BLOG? Gue yang masih anak desa dan kebanyakan makan tebu di sawah BENER-BENER nggak tahu apa yang namanya blog. Bahkan denger kata ’blog’ aja baru waktu itu.
”blog itu kaya website yang kita buat sendiri!” kata seseorang di samping gue.
Setelah tahu kalo blog itu kaya semacam web yang kita buat sendiri, gue baru ngerti.
Tugasnya simpel. Kita disuruh buat blog, lalu disuruh posting minimal 5 post tentang Teknologi Telkomunikasi. Kemudian, untuk tahu kita udah buat blog apa enggak, kita disuruh ngirim e-mail ke alamat yang udah ditentuin dengan nyantumin data diri dan alamat URL blog yang udah kita buat. Setelah ngelakuin itu, nanti kita akan dapat e-mail balesan yang berisikan berada di kelompok mana dan ama siapa aja kita di pertemuan selanjutnya.
WIH!!.. KEREENN!!..
(entah kenapa, gue waktu itu ngerasa kalo sistem tugas ini keren banget! Ini udah kaya spy ato agen rahasia yang melakukan tugas untuk markasnya dari tempat jauh, lalu kemudian dia dapat data transfer file kalo dia udah berhasil membunuh musuh yang menjadi target. Bener-bener keren! Gue keren!)


Akhirnya gue ke warnet temen gue. Buat blog. Karena masih nggak tau apa-apa, pilihan gue waktu itu adalah blogger. (ampe sekarang!)Gue yang dulu masih nggak tau apa-apa, langsung maen copy paste untuk masalah tugas posting. (harap maklum )
Setelah satu jam lebih berkutat di warnet buat mempalajari gimana caranya posting, ngeliat gimana hasilnya setelah di posting, dan akhirnya mengirimkan email sebagai penutup, gue kelar.
Berdehem sebentar, lalu berteriak, ”misi selesei, Jendral!”.
Akhirnya pulang dengan tenang, setelah diteriakin temen gue, “Bud, belum bayar!“
Besoknya gue dapet email balesan.

Beberapa saat setelah itu, gue lupa kalo gue pernah buat blog. Hari –hari gue masih diisi dengan proses adaptasi di kampus. Kaya misalnya berusaha kenal temen-temen sekelas, kenal dosen-dosen yang ngajar, mempelajari materi kuliah yang diajarkan, dan bagaimana cara menggunakan toilet di gedung D4 dengan baik dan benar.
Hari-hari gue masih dipenuhi pikiran-pikiran gue kayak; ”Agh!!.. kenapa kuliah disini BERAT SEKALI!!..”
Ato gini, ” oh my gosh! Ruang B.. itu dimana ya? apa itu toilet?”
Dan terakhir,
“kenapa semua gedung dan ruangan disini SEMUANYA KOTAK?! Gimana bedainnya coba!?”

Sampe akhirnya suatu hari gue mikir dan tersadar, ”eh, kemaren aku kan buat blog..”
”kenapa gue nggak coba otak-atik blog yang udah dibuat itu ya? itung-itung, itu kan buatan sendiri?”
Maka, nggak lama sejak hari itu gue mutusin buat ngotak-atik blog gue. Itung-itung belajar script kode.
(jujur, ampe saat ini gue gak bisa skrip ato kode pemrograman sama sekali! sebanyak apapun gue belajar, antibodi gue menolak!)

Hal pertama yang menarik perhatian gue buat gue otak-atik adalah template!
Ya, template!
Seperti semua blog yang pernah ada, template sebuah blog tidaklah permanen. Bisa kita ubah-ubah. Gue yang waktu itu ngeliat template blog gue yang warna ijo standar, (dengan ada foto gue di sisi bar kanan yang norak banget) yang secara default ada di pilihan template blogger, nggak puas dengan keadaan blog gue.
Berdasar analisis kalo blog yang baik adalah blog yang punya desain yang bagus, maka gue memutuskan buat merubah template blog gue.

Ya, semuanya harus diubah! Gue nyari-nyari template baru.
Dan.. gue mendapat satu pelajaran berharga. Ternyata pilihan template yang disediain oleh blogger cuma itu-itu aja! Aghh!!..

Akhirnya (setelah beberapa lama), gue nemu juga template-template blogger yang bagus!
(Setelah selama sebulan terpaksa pake template pilihan default dari blogger warna putih polos dan nggak nyadar, kalo semuanya bisa kita cari kalo ada Google.)
Dari beragam template yang berhasil gue dapet dan gue cobain satu-satu, akhirnya gue milih satu. Template warna item dengan tema iPhone. (sampai kamu baca blog ini sekarang, masih sama!)

Haha.. lucu ya.. pengalaman mengganti-ganti template blog berkali-kali, sempet membuat blog satu lagi buat percobaan kode-kode script, sampai yang namanya stres dan depresi yang berat,(manic depression?), karena contoh template dan hasilnya gak nampak itu kayaknya udah lama sekali terjadi. Padahal, mungkin itu baru beberapa bulan yang lalu aja.

Ya, gue masih inget betul! Setelah itu, waktu terus berjalan. Gue masih bingung, blog yang udah gue ubah template-nya dan gue ganti headernya ini mau gue isi apaan?!
Dalam ati gue nanya-nanya, enaknya diisi apaan ya? waktu itu, setelah menghapus postingan-postingan gue yang tentang Teknologi Informasi, blog gue gue isi ama kata-kata mutiara. Kalo diisi tentang bisnis, ah! gue gak suka blog berbau bisnis. Kalo diisi bokep, ah! Itu kan pornografi! Kalo diisi tentang ilmu pengetahuan, gue nggak tahu sampai kapan akan bertahan.

”ah!..” setelah beberapa saat, gue nemuin sebuah ide. ”gimana kalo blog ini gue isi dengan cerita tentang sehari-hari gue aja?”
Ya. itu ide yang sangat bagus. Hari-hari gue kan kebanyakan isinya cerita-cerita abnormal, jadi pasti seru kalo diceritain! Selain gue bisa berlatih nulis, ini juga pasti berguna kalo suatu saat nanti misalnya gue jadi terkenal dan banyak wartawan yang dateng dan mewancarai gue,
”bagaimana riwayat hidup anda, sehingga bisa menjadi super keren dan terkenal begini?”
Ato mungkin
”apa saja yang sudah anda lakukan sewaktu remaja, sehingga meraih sukses yang luar biasa seperti sekarang?”
Ya. Mungkin gue cuma perlu ngejawab,
”baca saja blog saya. Semuanya ada di sana!”
“termasuk tentang blog anda yang menyebabkan seluruh pelajar di indonesia tidak lulus ujian tahun 2011?”
”ya, itu juga.”

Akhirnya, sejak saat itu gue mulai berlatih menulis. Mencoba menulis cerita sehari-hari gue. Mulai dari cerita gue dan keluarga gue, gue dan temen-temen (abnormal) sekelas gue, pemikiran-pemikiran gue dan macem-macem hal yang emang gue pengen tulis.
Setelah beberapa kali menulis dan ngerasain sesuatu yang beda dibanding waktu gue ngalakuin berbagai hal lainnya, gue menyadari satu hal. Disinilah gue seharusnya berada!
Lalu entah kenapa, gue langsung mutusin,
’Gue akan terus menulis!’

Terus berjalan, gue yang terus menulis dan blog ini sama-sama ikut berkembang.
Gue terus menulis sejak saat itu. Entah kenapa, gue terus terobsesi oleh kesempurnaan sebuah tulisan melalui blog ini.
Banyak juga pengalaman seru di sela-sela kegiatan menulis dan blog gue ini. Mulai dari ikut review komik Kambingjantan-nya Raditya Dika (nggak menang sih, tapi seru udah ikut berpartisipasi), ikut lomba cerita Gagasmedia (dapet kiriman 3 buah buku dari Gagas media), ikut masang bannernya movie Kambingjantan buat ngerebutin 200 tiketnya (dapet tiketnya, tapi harus ngambil di Jakarta -.-”), dan masih buanyak lagi lainnya..

Ada juga berbagai macem respon dari orang-orang di sekitar gue dan temen-temen blogger tantang apa yang gue tulis dan siapa aja tokoh di dalemnya..
Mulai dari gue yang nggak sengaja nunjukkin alamat blog gue ke dosen waktu lagi chat di fesbuk, dan dapet komen, ”kamu ternyata lucu juga ya”, terus berlalu sampai penemuan blog gue oleh temen-temen sekelas gue dengan kalimat khas mereka, ”anjrit! Aku kok ada di blog kamu? Gawat nih!..”, terus berlalu, ampe temen kuliah gue yang nggak sengaja baca semua isi blog ini dan mulai meneror gue, penemuan postingan gue yang memuat ceritanya dan berkoment di fesbuk, ”like this! Tapi aku terlihat aneh disana! Aneh banget!” dan terus berlalu, ampe yang namanya blogger di fesbuk yang nanyain tentang siapa orangnya,yang udah gue tulis di blog ini, dan masih banyak beragam peristiwa-peristiwa aneh yang nggak kalah serunya ampe saat ini.

Gue juga udah ngelewatin, yang namanya susah senang dalam menulis, mulai dari kritik dari temen-temen dan orang lain tentang bagaimana sebaiknya menulis itu, apa yang boleh ada dan tidak, bagaimana kita tetep memberi semangat ke diri sendiri buat nulis meskipun kita udah dalam keadaan nggak mood sama sekali buat nulis atau sedang dalam keadaan ’gue udah nggak mungkin lagi bisa nulis!’.
Gue juga udah tahu yang namanya terlalu sibuk, hingga nggak sempet sama sekali buat nulis, kehilangan arah dan semangat buat nulis, dan bagaimana rasanya fesbuk udah menyedot terlalu banyak perhatian kita daripada blog yang udah kita buat sendiri.
Ya, semua itu udah gue laluin.


Fiew!!... ternyata banyak juga ya, yang udah terjadi selama setaunan ini..

Kalo gue waktu itu nggak ngerjain tugas ospek buat bikin blog, apa ya yang akan terjadi?
Apa jalan hidup gue masih akan tetap seperti ini?
Apa gue masih bisa kenal ama para blogger, yang sekarang udah menjadi layaknya temen deket gue sendiri?
Apa gue juga masih akan mengalami, bagaimana serunya melihat respon dan komen orang lain dan temen-temen gue, saat membaca tulisan gue dan melihat mereka ada di dalam cerita yang gue tulis tersebut?
Apa gue masih akan terus bersemangat menulis dan masih berkeinginan kuat menjadi penulis?
Gue nggak bisa bayangin..


Gue masih aja mikir,

’Apakah sebuah blog dapat merubah jalan hidup seseorang?’

Gue udah nggak sabar buat nunggu tahun depan, buat nulis apa aja yang udah terjadi di kehidupan gue, blog ini, dan berbagai hal seru lainnya.



Tunggu post berikutnya ya.. \^O^/


Keep blogging!
Go! Go!...




8 Responses to "-after one year!!-"

priskanggrita Says :
11 November 2009 16.18

hahahaah! tapi emang keren loh kak sistem ospek kayak gitu.. ckck.. modern bener. kuliah dimana sih emang kak?

btw, html lumayan gampang kok kak.. klo mau beli buku ttg html aja (oh iya lupa antibodi-nya menolak yaa heheh :P )

sekarang jadi hobi nulis di blog ya.. heheh

boot Says :
11 November 2009 17.33

@priska: kuliah di PENS-ITS Surabaya.
tahu??
iya.. jadi hobi nulis... ^^

Fata Hanifa Says :
12 November 2009 14.30

ohhh GOD! lo hrus byar 10 M ke gue buat ngeganti 10 menit wktu yg hrs gw hbiskan buat bca postingan loooooo!!! (gila matre beneer haha)

but its okay, gw kan baik hati, tidak sombong & suka menabung..

btw, lebih asik lg klau lo bagi2 hadiah ke blogger cantik mcam gw yg udah ikut ksih ucapan, "happy anniversary" buat blog lo hehe payung cantik jg gpp kok mumpung skg musim hujan :D

PRof Says :
13 November 2009 12.51

Ngeblog bisa dimulai dari mana saja...bahkan kadang hal yang tak pernah kita duga....

Awal bikin blog ambisiku untuk meraup $, namun GAGAL...!!!

Ternyata, ngeblog tak hanya $ yang menarik, banyak hal lainnya...PERSHABATAN...!!!

Dan akhirya, $ itu mengalir seiring ngeblog yan gberjalan apa adanya....

BlaGaBLoGer Says :
15 November 2009 09.49

jadi inget masa awal-awal buat blog....

dari blog bisa punya banyak temen, juga dapet $,,, hehehhehe...

penerjemah Says :
15 November 2009 12.15

salam kenal ya...

ello : LoversoiX Says :
19 November 2009 05.03

Selamat ya... Udah setahun nulis blog, sama gue juga udah setahun nulis di blog dengan semua keinginan gue!
Lam kenal, visit me!

Posting Komentar