-gantungan N baju sma-

Author: Budiharja Kusuma // Category:

(kamis 5 februari 2009)


Hai-hai….

Akhir-akhir ini di Gresik kok sering ujan mulu ya?? Kalo nggak ujan, ya mendung.
huh… nasip! (cucian gue!…)

Oh ya, liburan ternyata membuat hidup jadi nggak teratur..
Ya, idup gue jadi nggak teratur di sini..
bangun pagi yang biasanya pagi, jadi menjadi sehingga agak siangan(liat! Gue ngomong aja sekarang nggak teratur), gue yang biasanya mandi dua setengah kali sehari, sekarang cuma tayamum aja(pake debu), gue yang biasanya jam sepuluh malem udah tidur, sekarang tidur jam 12 malem(malah ngeronda).
Gue yang biasanya cowok, kalo malem malah jadi cewek..
hehe.. ya nggak lah!

Bad habit gue perlahan mulai muncul lagi..
Membuat gue berpikir, kalo teori Charles Darwin itu mungkin benar adanya.
‘nenek moyang manusia adalah monyet’
Itu terbukti, semakin lama gue liburan di sini, semakin gue mirip ama monyet.
Contoh, kemarin aja, waktu di rumah nggak ada siapa-siapa, gue bisa tidur ampe jam 12 siang! Ajaib gak!


setelah gue pikir, itu lebih mirip kukang berkutu daripada monyet..

oh ya,
Ada lagi,
Liburan membuat rambut gue jadi tambah panjang.
Dan, kebiasan tidak menyisir rambut gue itu membuat rambut gue malah jadi panjang awut-awutan nggak jelas!
Ya! Nggak jelas!
Rambut gue bergelombang nggak jelas kesana-kemari. udah nggak jelas, gue tuh sebenernya model rambutnya gimana. Model spike? Udah kepanjangan N nggak bisa dibuat spike lagi. model korea? Percuma, wajah gue sama sekali nggak matching ama modelnya.
Ngebuat gue selalu shock tiap kali gue ngaca dan wajah gue sendiri.
Jadi tiap gue ngaca, yang gue liat selalu aja, wajah orang misterius yang mirip teroris ditambahin rambut gimbal yang lebih mirip kain pel warna hitam yang ditaro di atas kepala. gue apa-apain tuh rambut tapi tetep aja nggak ngaruh.. tetep aja kain pel hitam di atas kepala. Ngebuat gue ngeri sendiri..
gue yakin, kalo gue panjangin lagi tuh rambut beberapa bulan lagi, dan wajah gue dicat dengan warna merah kuning ijo, pasti deh, gue langsung jadi poster Bob Marley versi orang gila!

Sebenernya, solusinya adalah potong rambut! Ya.. itu dia! (taraa…)
Tapi nggak bisa.. (huu….)



Mau potong rambut, tapi uang gue ternyata udah habis. Huh… worst holiday..
Ternyata uang gue habis lebih cepet dari yang semestinya. Ini baru gue ketahui setelah kemarin gue (secara sengaja)membuka dompet gue. Hik…-hik… T_T;
(perhatian! Habis di sini berarti bener-bener abis! Alias nggak ada uang sama sekali!)

Sebenernya sih, gue mau berniat minta tolong dipotongin ama nyokap ato om gue aja (mereka punya bakat motong rambut lho!..). Tapi setelah inget-inget pengalaman pahit gue mengenai hasil akhir model rambut(kreasi mereka sendiri) itu, yang menurut gue sama sekali nggak seperti yang gue mau itu, yang meninggalkan luka psikologis dan mental yang cukup mendalam pada diri gue itu, yang ngebuat gue trauma ama mereka(hingga kini) itu, NGGAK JADI DEH!
Bisa-bisa, setelah dipotong ama mereka dan ngeliat hasilnya kayak apa, gue malah jadi stress dan ngurung diri terus di kamar. Bud.. Bud.. Keren gak, jadi gila iya!

Ya udah… rambut panjang juga nggak papa… gue tetep cakep kok.. (cuih!)
Sabar-sabar..

Eh, tau nggak? Kenapa di awal kok gue nanya soal ujan ama mendung?
Itu karena selama liburan ini sebenernya gue punya utang cucian banyak sekali yang harus gue selesein. Dan utang adalah hutang!!
Ini dikarenakan kebiasan gue yang nggak langsung naroh baju dan pakaian kotor gue ke tempat cucian, melainkan selalu menggantung baju dan celana kotor(yang menurut gue masih bersih) itu ke gantungan baju.
Yeah! The truth is out there..

Jadi gue selalu menggantungkan mereka(pakaian gue) di gantungan baju di kamar. Mulai dari celana, kemeja, kaos ampe jaket gue. Nggak tau, sejak kapan gue punya kebiasaan kayak gini. Gue selalu naroh semuanya di gantungan. Gue taroh di sana coz gue berniat akan memakai lagi pakaian-pakaian itu lagi kelak.
Abis pulang maen, gue taroh kaos ama jaket gue di sana. Abis kuliah, langsung gue taroh juga semuanya disana. Bangun tidur, ku terus mandi..
Membuat gantungan itu ampe nggak keliatan lagi ada dimana.
Beragam pakaian ada disana. Gue yakin, lo cari pakean model apa aja, mungkin bisa lo temuin di gantungan itu. Udah kaya distro aja.. (tersenyum-senyum narsis)

Eh, tau gak, ternyata, gantungan itu kuat sekali lho! (cling! Senyum pepsoden)
Gantungan itu memiliki lima pengait gantungan buat tempat baju. Bila orang normal mungkin akan menaruh satu pakaian pada satu pengait. Jadi maksimal mungkin hanya akan ada 5 – 7 pakaian di sana. Tapi ini beda ama yang gue lakuin di rumah. Gue bisa naroh ampe empat pakean dalam satu pengait! Jadi total maksimal, mungkin bisa ampe 20-an pakean ada di gantungan yang memiliki lima pengait. Hebat gak? (mamerin kebodohan sendiri..)

*jangan meniru ini di rumah! Ini akan menyulitkan kamu pada saat mencari pakean! Percayalah! Cukup gue sebagai korban!

Lanjut,
Jadi, pagi ini lagi-lagi nyokap marah-marah soal pakean kayak biasanya,
Nyokap : (ngeliat gantungan gue yang udah sekarat) aduh!.. kalo pakean udah kotor, mbok ya dicuci.. kok terus digantungin gini sih.. bisa sampe menggunung gini..
Gue       : (memasang wajah cuek) itu masih bersih kok! Mau ku pake lagi..
Nyokap : (nggak terima) masih bersih apanya? Liat ini! Hem kamu! (ngambil hem gue di gantungan) liat! Lehernya udah hitam gini kok masih bersih..
Gue       : (diem. Mendengarkan dengan hikmat)
Nyokap : trus ini! Celana udah berapa taun ini kok masih di sini! Gak pernah kamu cuci!
Gue       : (ya nggak bertaun-taun gitu kali..) itu masih baru di situ kok..
Nyokap : nyuci aja kok males sih? Untung gantungan kamu nggak jebol! Ayo, mumpung kamu liburan, kamu cuci semua pakean kamu ini..
Gue       : (menuruti perintah. Menurunkan semua pakean tanpa semangat) iya..

Alkisah, gue turunin semua pakean gue. Gue taroh semuanya di kasur satu persatu.
‘gila.. ternyata banyak juga ya baju gue yang ada di gantungan..’ gue terkagum-kagum pada diri gue sendiri.
Bener aja nyokap marah, ternyata emang banyak banget pakean gue. Mulai dari celana. Gue itung ada 5 biji! Dan semua itu ada di gantungan..
Trus ada kaos gue, 2 biji. Hem 2 biji. Trus 2 jaket. Dan masih banyak lagi..
‘yang jaket nggak usah dicuci aja deh! Besok-besok aja.. lagian nyokap udah pergi..’ karena gue baik hati, gue mengkorting untuk yang jaket. Bilang makasihnya entar aja..
Gue turunin satu-satu sambil men-screening(ceileh..) pakean-pakean yang bener-bener kotor dan harus gue cuci sekarang. Soalnya gak mungkinlah gue cuci semua itu sekarang. Masak, liburan-liburan gini gue ngerjain cuci-mencuci seharian? Ini mah, pekerjaan romusha waktu dijajah ama jepang! Dan gue yakin, bukannya malah jadi bersih semuanya, yang ada malah gue cedera otot lengan dan lutut yang serius.
Dan gue berakhir pada si tukang urut spesialis ‘salah urat’!
Nggak lucu kan, kalo waktu diurut, gue ditanya ama si tukang urut,,
‘emang kenapa kok ampe cidera serius gini??’
‘biasa… nyuci baju..’
‘heh?? Nyuci baju?’
‘iya! Nyuci baju!’

‘Jangan senyam-senyum! Nggak lucu!’

Gue turunin terus pakean-pakean sambil trus memilah-milih ampe gue nemuin ada sesuatu berwarna putih. Lebih tepatnya baju warna putih.
Gue apal bener tuh apa. Gue ambil tuh baju.
Kamu tau, baju apa yang gue temuin itu?
Yang gue temuin adalah baju seragam SMA gue! Sekali lagi, baju SMA!

‘Oh… baju SMAku…’ gue memeluk baju itu dengan penuh haru. ‘mulai sekarang, nggak ada yang bisa memisahkan kita..’
Akhirnya, ‘misteri baju SMA yang hilang’ udah terpecahkan! Gue nggak nyangka banget kalo baju itu ada di gantungan gue ini.. dulu, gue sempet nyari-nyari tuh baju waktu lulus SMA. Mau gue buat corat-coret lulusan.. tapi nggak ketemu. Akhirnya gue pake baju gue yang satunya deh.. eh, lama-lama gue kelupaan nggak nyari lagi tuh baju..

‘hehe…’ gue ketawa-ketiwi..
Gila.. sehebat inikah gue dalam kategori ‘tidak mencuci pakean’? ini rekor baru!!
Gue mikir lagi,,
‘jadi… selama setaun setengah ini kaos gue ada di gantungan ini? Kenapa kok ampe nggak ada yang nemu ya?’
Gue nggak nyangka, kebiasaan gue ini ampe segini parahnya… untung aja nyokap ngingetin buat nyuci pakean..


‘Cari lagi ah… sapa tau benda-benda yang belum ditemuin di rumah ini ada di gantungan ini..’ dengan wajah ceria dan tak bersalah..


‘Kayak sepatu gue misalnya… ‘



PS: kok hari ini mendung ya? Where is the sun!!



Black Car Community
Djarum Black Slimznation
Autoblackthrough goes to campus


0 Responses to "-gantungan N baju sma-"

Posting Komentar