-iwuh itu apa?-

Author: Budiharja Kusuma // Category: ,
Hai-hai! Para Blogger semua!!… ^^
Masih idup kan? Amiin..

(krik… krik… krik…)


cerita-cerita lagi ah…
coz lagi pengen banget cerita!
(“kumat..”)

Ehm.. ngomongin apa ya?

Cerita hari ini aja deh…



(Rabu 14 januari 2009)


Hari ini gue sekelas masih UAS(Ujian Akhir Semester). Kami kebagian masuk siang (jam 12). Minggu yang agak berat memang… (huh… I not like this week..)
Lanjut,
Seperti biasa, anak MMB(baca: Multimedia Broadcasting) yang untuk selanjutnya gue sebut MMBers, selalu aja sante-sante ngadepin tuh yang namanya UAS.
Maklumlah, pelajaran yang sulit di jurusan gue itu hampir nggak ada. Hampir-hampir nggak ada!
HAMPIR-HAMPIR-HAMPIR ENGGGAK ADA!!
Sudah bisa baca kan?
Kalo pun ada, paling ya mata kuliah Java (pemrograman) yang nyaris mematikan bagi kebanyakan MMBers. Terutama gue(I hate you, The ‘f***’ Java!). ya, Java adalah momok di kelas gue.


jadi hampir nggak ada keluhan kalo masalah UAS. Bayangin aja, mata kuliah di awal semester in ada 7 ekor. Dan hampir semuanya mereka nguasain. Mau tau?
Inilah nama-nama mereka. Check this out!

Web Development
(mata kuliah yang mengajari tentang bikin website.)
Tingkat kesulitan : 6
Level                      : Easy
Comment              :”somebody!.. Ajarin bikin Template donk..”

Publishing
(yang ini mengajari tentang segala hal tentang mem-publish, kayak bikin undangan, Letterhead, NewsLetter, Brosur, dan sebangsanya…)
Tingkat kesulitan : 7
Level                      : Easy
Comment              : ”Huah… hm.. ngantuk..”


Literasi Komputer
(ngajarin tentang pengenalan komputer, agar kemampuan komputer tiap mahasiswa seimbang.)
Tingkat kesulitan : 5.5
Level                      : Very Easy
Comment              : “Office… ternyata gampang-gampang susah!”

Komunikasi Massa(yang ini kebanyakan teori yang terdiri dari bagan-bagan. ngajarin tentang cara komunikasi di media massa, cara-cara dan segala hal tentang itu)Tingkat kesulitan : 7.5Level : mediumComment :”pak.. itu ditulis semua ya?..”


Instrument Elektronika
(ngajarin pengenalan tentang elektronika. Resistor, Kapasitor, Konduktor, pokoknya yang berakhiran ‘tor’ dipelajari di sini. Yang lulus mungkin akan jadi ‘Distributor’)
Tingkat kesulitan : 7.5
Level                      : medium
Comment              :“anjrit!.. panas!... ini gimana nyoldernya sih?..”

B. Inggris(yang ini ngajarin bahasa Inggris. dah tau kan?)Tingkat kesulitan : 7
Level                      : Easy
Comment              :”Iya Bu…….”


Visual Programming
(mengajari tentang pemrograman Java. Diajarin cara membuat program-program Java. Berisikan kode-kode script yang tak terhingga jumlahnya.)
Tingkat kesulitan : 9
Level                      : Very Hard
Comment              :”……………………..” (mengheningkan cipta)

Itulah mata kuliah gue di semester pertama ini. Hampir semua mata kuliah isinya kayak main-main aja. Gue jadi mikir, ini beneran kuliah nggak sih?

Oke, lanjut…
Di hari ketiga UAS ini. Suasana seperti biasa santai. Setelah ujian pertama, selalu ada istirahat 30 menit sebelum masuk lagi. MMBers ngumpul buat cerita-cerita nggak jelas.. mereka ngumpul ngelompok. (gue nggak tau, kenapa mereka selalu aja bisa ngumpul, meskipun kelas mereka dipencar saat ujian. Masih menjadi misteri hingga sekarang… )

(bahasa arek surabaya)
“eh, yo opo Rek, iso mau?” (eh, gimana, tadi bisa?) gue ngebuka pembicaraan.
“mau tah? alah.. gampang!” (tadi tah? alah… mudah!)
“awakmu iso kabeh?” (awakmu bisa semua?)
“beress!!.. awakmu gak iso tah?” (beress!!.. kamu nggak bisa tah?)
“yo iso lah.. eh, yo opo Java wingi? Iso?” (ya bisa lah.. eh, gimana Java kemarin? Bisa?)
“wis… ojo takon..” (udah.. jangan nanya..)
“Java wingi iwuh yo..” (Java kemarin sulit ya..) gue menegaskan.
“wis… aku sampek ngelu mikiri iku..” (wis.. aku ampe pusing mikirin itu)
“hahahaha……”
kami pun ketawa-ketiwi. Nertawain kebodohan masing-masing..


Si Nabila, temen sekelas gue, di tengah obrolan itu tiba-tiba nyeletuk,
“Bud, iwuh iku opo? (Bud.. iwuh itu apa?)
“eh?” gue masih separuh sadar.
“iwuh? gak eruh iwuh?”(iwuh? kamu nggak tahu iwuh?) gue masih nggak nyangka kalo dia beneran nanya tadi.
Dia geleng.
“waduh… mosok, arek Suroboyo gak eruh iwuh? Ndeso!” (waduh.. masak, arek Surabaya nggak tau iwuh? Ndeso!)
“yo awakmu iku sing ndeso! Sik kait krungu iki ‘iwuh’!.. opo iku…” (ya kamu itu yang ndeso! Baru denger sekarang ‘iwuh’! apa itu..) dia ngebela dirinya sambil agak monyong dan sedikit nada melecehkan kata yang barusan dia tanyain itu.
‘hahaha…’ gue ketawa.
“Arek Surabaya gak eruh iwuh.. iwuh iku angel! Ngerti?..” (Arek Surabaya nggak tau iwuh.. iwuh itu artinya sulit! Ngerti?..)
“angel??” (sulit??) kayaknya dia terheran dengan jawaban dari orang aneh ini.
“oalaahh…” kayaknya dia baru sadar akan arti dari bahasa yang katanya baru dia denger itu. “angel tah? Ngono ae ‘iwuh!’” (sulit tah? Gitu aja ‘iwuh!’)
“oo… bahasa Gresik, koen gowo rene…” (oo… bahasa Gresik, kamu bawa kesini.. ) giliran dia ngeledek gue.
“hahahahaha…..” gue kembali lagi ketawa.

Ternyata, antara bahasa jawa Gresik dan Surabaya tuh ada beberapa perbedaan. Gue nggak bakalan sadar akan perbedaan tadi kalo nggak ada yang nanya tadi. Hehe…

Gue baru sadar, keberagaman budaya dan bahasa itu ternyata tak selalu perbedaan yang terjadi antar suku, tapi melainkan juga dalam satu suku yang sama pun, bila berbeda tempat tinggal(lokasi hidup) dan malah kebiasaan hidup, ternyata cara mereka dan tingkah laku hidup serta bicara mereka megalami pergeseran juga. dan, ternyata berbeda juga..

Dua hari berikutnya, di saat MMBers lagi-lagi kumpul dan ngobrol-ngobrol. Si Nabila ngeledek gue dengan kata ‘iwuh’ itu. Kayak waktu ditengah-tengah ngobrol, tiba-tiba dia ngomong,
“iwuh yo Bud?”
gue cuma bisa ketawa nyengir
‘Asem! Sekarang kata itu jadi bahan ledekan!..’ gue dalem ati.
Lain kali gue harus lebih berhati-hati dalam ngomong sesuatu.
‘huh.. aku dan mulut besarku..’
Tapi, U know what?
di tengah pembicaran itu si Reza, yang juga temen sekelas gue, malah nyeletuk,
“iwuh itu apa?”


Dasar… kayaknya dia nggak ikut ngumpul dua hari sebelumnya…


Djarum Black Night Slalom
Autoblackthrough
Autoblackthrough goes to campus




5 Responses to "-iwuh itu apa?-"

Posting Komentar