-mata kuliah baru, kegilaan baru!!-

Author: Budiharja Kusuma // Category:
...
(sabtu 7 maret 2009)
...


Wuih… ternyata akhir-akhir ini gue jadi makin sibuk. Banyak sekali kegiatan yang harus gue selesein. Entah itu urusan rumah, urusan kuliah, ato urusan lannya yang udah gue tunda-tunda sejak kemaren. Kegiatan blogging-pun jadi agak terhambat deh…
Hik-hik….
(mostingnya jadi agak lamaan…)
...


Lanjut,
Di minggu awal gue masuk kuliah ini, ternyata masih tetep aja situasinya gila-gilaan di lingkungan kampuz. Ternyata temen-temen gue masih aja tetep autis , hiperaktif dan juga hilang akal. Selama liburan ini ternyata difungsi otak mereka belum sepenuhnya sembuh. Mereka ternyata masih aja ngalamin kerusakan struktur DNA di bagian system syaraf mereka. (mereka ngapain aja sih di rumah?!)
Mereka nggak mengalami kemajuan yang berarti dalam hal yang positif.
tapi sekarang mereka udah bisa berjalan lho.. (hah?)

Eh tapi, ada yang menarik di balik semua itu!
Ternyata IP mereka bagus-bagus! Hampir semuanya IP-nya diatas 3!!
Gila!!!..... hebat…hebat!!….
*tepuk tangan!*
Ternyata bener, orang kreatip dan cerdas tuh terkadang emang rada aneh.
Dan, (sepertinya emang disengaja), anak-anak yang aneh itu dikumpulkan jadi satu di kelas gue.
Sepertinya, kelas kita ini adalah cuma kedok belaka.

Gue menduga, (ceile!.. suit!suit!..) kelas kita tuh sebenernya cuma tempat isolasi bagi anak-anak separuh mutan, yang memiliki berbagai kemampuan khusus, yang karena takut mengacaukan perdamaian dan ketentraman belajar di kampus, mereka dijadiin satu di tempat khusus dan dikumpulkan jadi satu, agar kita semua mudah diawasi dengan seksama!
Gitu ada salah satu dari kita yang yang melakukan gerakan aneh dan membahayakan, mereka gak akan segan-segan menekan tombol roket untuk mengaktifkan bom atom, yang udah disiapin sejak awal dibuat untuk kita, dan membumiratakan kita sekelas!!.
(mengerikan!!)
(kalo kamu nyadar, tulisan gue ini aneh banget ya?..)



Other hand,
Di awal semester ini ada perubahan mata kuliah. Semuanya serba baru. (brand new!!..)
Kali ini gue akan mereview sedikit mengenai mata kuliah itu.

Check this out!
(taraaa!!!...)

1.Elka Digital.
2.Audio N Video Recording
3.Kamera Foto N editing.
4.2 D animasi
5.story-telling N storyboarding
6.Programming multimedia


Oke, satu-satu ya..


1. Elka Digital.
Karena dosennya baru, dan minggu ini belom ngajar,(makan gaji bute kali ye..), maka gue akan mereview berdasarkan analisa gue sendiri dan info yang gue dapet(yang hampir gak ada). Pertama, mata kuliah ini bukan tentang masak-memasak, karena emang ini bukan mata kuliah Tata Boga. Dan gue gak akan bahas itu di sini.
Oke, menurut beberapa pendapat teman, yang kebanyakan langsung lari setelah gue tanyain,(gak tau kenapa), Elka Digital tuh singkatan dari kata Elektronika Digital.
Jadi mata kuliah ini ngajarin kira-kira mengenai tentang Elektonika yang Digital.
Nah, bingung kan loh!
Hehehe…

Gue juga!
(Sumpah! Gue sendiri nggak tau, pelajaran kayak apa ini..)


2. Audio N Video Recording
Yang ini, dosennya juga belom ngajar. Dosennya juga baru.
Entah kenapa, tapi kayaknya setiap dosen baru kayaknya membutuhkan persiapan mental dan jiwa yang matang buat ngajar kelas kita yang cenderung ke arah psikopat ini.
Mata kuliah ini ngajarin tentang perekaman video dan suara, dan bagaimana menggabungkan kedua hal itu menjadi suatu kesatuan khusus yang bagus. Mata kuliah ini sangat berguna jika kita berada di dunia multimedia. (tumben, ngomongnya bener..)
Sajikan selagi hangat! cocok untuk teman minum teh. (balik ngaco lagi!)


3. Kamera Foto N Editing.
Yang ini dosennya udah ngajar! Alhamdulillah!!.. ternyata masih ada juga Dosen yang rela mempertaruhkan nyawanya buat ngajar kelas kita (sujud syukur).
Dosennya adalah Pak Agus, yang ngajarin literasi komputer di semester kemaren.
(ealah.. Agus tah!..)
Mata kuliah ini ngajarin bagaimana cara memotret objek dengan profeional.(kameranya aja make Nikon yang harganya sekitar 30 jutaan ato berapa gitu.. mahal pokoknya!)
Mulai dari dasar, dari yang namanya nge-zoom, mokusin gambar dan ngambil gambar. Ampe yang namanya nggunain shutter speed(menangkap gerakan objek), diafragma(menangkap cahaya), ngatur auto flash-nya dan lain-lain.
Seru pokoknya! Apalagi kalo kamu emang hobi banget yang namanya Fotografi!
(bukan yang memfoto diri sendiri yang pake pose-pose narsis lho ya?)


4. 2D Animasi
Ini adalah mata kuliah yang paling gue suka! Mata kuliah ini ngajarin tentang cara bikin animasi. Make software Adobe Flash CS3. (udah pada tau kan software ini.)
Dosennya tak lain tak bukan, datang gak dijemput dan pulang gak dihajar, adalah Pak Hasbi.
Pak Hasbi ini, di semester kemaren ngajarin tentang mata kuliah Publishing. (multi talent ya.. ato… )
Gue yang doyan nonton anime jepang ini paling semangat kalo ama mata kuliah yang satu ini. gue pengennya sih bisa bikin pilem animasi durasi pendek-pendek dulu gitu..
(ssttt… tapi dosennya kayaknya kurang berpengalaman… jangan bilang-bilang ya…)
Oh ya, kalo ngomong anime jepang ama pak Hasbi, gue malah jadi inget kejadian semester kemaren. (kumat lagi..)
Jadi ceritanya, di semester kemaren, pada saat doi lagi ngajar mata kuliah Publishing di lab komputer, gue lagi nonton pilem kartun di kompie gue. Karena gue lengah dan gak waspada, gue gak tau kalo gue (yang posisi komputernya ngadep ke samping ini) diawasi ama pak Hasbi. Ngerasa aman-aman aja nggak ada yang liat, gue terus aja nonton tuh kartun.(jangan ditiru ya..)
Pada saat itulah, tiba-tiba aja Pak Hasbi udah ada di samping gue. Gue shock! (orang ini punya kemampuan teleportasi ya?)
Langsung aja gue disuruh keluar ama tuh dosen!
Akhirnya, setelah meminta belas kasihan dengan wajah kasihan dan memelas seorang anak autis, gue masih aja dikeluarin dari lab dengan tidak terhormat.
Sejak saat itulah… (udah!!.. Jadi kelamaan ceritanya!!!..)



5. storytelling N storyboarding
Mata kuliah ini ngajarin tentang penceritaan/penyampaian cerita ato konsep yang telah diusun pada materi ato sesuatu yang dibuat. Pokoknya tentang cerita deh..
Dosennya adalah Bu Hesti, dosen baru.
Oh ya, waktu hari Kamis kemaren, waktu ibu ini pertama kali ngajar, ada sesi perkenalan.
Jadi tiap anak tuh, diminta buat maju dan ngenalin nama, asal sekolah serta pendapat mengenai mata kuliah ini.
Alkisah, giliran si Rosyid maju. Dia berdiri, bersiap maju. Lalu..
“kamu yang nge-add fesbuk ibu kemaren ya?” duarr!!! Seluruh anak heboh, ketawa ramai!!
“i..iya Bu!” rosyid langsung malu setengah mati.
“hahahaha…. Aibmu terbongkar syid! Hahaha…” anak-anak ngeledekin habis-habisan.
Ada-ada aja….

Pesan: ati-ati dalam menggunakan fesbuk!



6. Programming Multimedia
Ini tentang pelajaran Pemrograman. Kalo semester kemaren tentang Java, gue gak tau kalo yang ini. mungkin ini Java tingkat lanjut kali. Gue gak gitu suka ama mata kuliah ini. selalu aja berisi kode-kode..
Dosennya adalah Pak Subhan. Belom ngajar, masih di Korea.

(tidak!!!... mengapa harus pemrograman!!....)



Mata kuliahnya aneh-anah kan?! Coba kamu sebutin, kuliah mana yang ada mata kuliah yang super unik bin ajaib kayak gini!

Kayaknya, di semester ini, selain mata kuliah baru,, sepertinya juga ada kegilaan dan keanehan-keanehan baru!!!

Nantikan episode selanjutnya…
...



NB: akhir-akhir ini, demam facebook (baca: fesbuk) bener-bener ngelanda temen-temen gue. Akhirnya, mau gak mau gue akhirnya juga ikut-ikutan demam fesbuk juga.
Hik..hik…. moga-moga aja gue nggak kecanduan….
(btw, FS sekarang kok sepi banget ya?! Kayak kuburan!!.. akankah ini benar-benar jadi akhir dari FS?? Tragis..)


Djarum Black Slimz
Autoblackthrough
Autoblackthrough goes to campus

0 Responses to "-mata kuliah baru, kegilaan baru!!-"

Posting Komentar