-pencarian buku misterius!! (bag:2)-

Author: Budiharja Kusuma // Category:
....

lanjutan dari posting -pencarian buku misterius(bag:1)-

baca posting sebelumnya, biar gak bingung..
...


gue ngeliat jam di hp gue. Baru jam 13.30 WHG (Waktu Hape Gue).
gue mikir bentar. Kemana lagi ya, gue nyari bukunya? Kalo ke Jl. Semarang sekarang, gak bakalan sempet... emang buku bekas disana buanyak banget!! tapi besok aja kalo kesana.
...
kayaknya gue sekarang harus nyari ke tempat yang jualan buku yang deket-deket dulu.
Ya itu dia! (kekuatan otak!)
gue langsung kepikiran nyari di toko buku Uranus. Toko buku di daerah Ngagel, deket kampuz gue.
(ini bukan promosi lho..^^)

Gue langsung meluncur ke sana.
...


nyampe disana, gue langsung ke rak buku pelajaran. gue ngeliat-liat disana. Jalan pelan-pelan sambil dengan cermat mengamati buku yang sesuai tema.
....

terus nyari..
....

masih nyari...
...

ternyata gak ada.

Gue lalu pindah ke rak laen yang bertema 'UMUM'.


Ternyata di sini banyak banget macem-macem buku. Mulai dari novel ampe yang namanya Psikologi populer. Mulai dari yang 'rahasia sulap' ampe yang namanya buku 'kumpulan sms'.
Emang banyak..
...
Banyak banget..





tapi buku yang gue cari gak ada!


Sekali lagi,,

GAK ADA!!

Hadoohhh!!..
masak buku kayak gitu aja gak ada seh?
Toko buku macam apaan nih?

gue samperin yang jaga toko, yang dari tadi ngeliatin dan ngikutin gue layaknya lagi ngikutin pencuri aja. (gue ini gak lagi mau nyuri mbak! Jangan ngeliatin gitu napa?)

gue : (berjalan mendekati sang penjaga toko) eh mbak, buku karangan Zein Mmt ada gak ya?
Sang Penjaga Toko (SPT) : buku apa tuh? (kamu juga pasti nebak, kalo orang ini gak ngerti)
gue : bukunya katanya temanya kayak bumi gitu.. planet-planet katanya..
SPT : oh.. planet-planet... tunggu sebentar.. (SPT pergi ke rak di ujung. firasat gue gak enak)

beberapa saat kemudian..
SPT : yang kayak gini?(nyodorin beberapa buku ensiklopedia bergambar planet-planet)
gue : (ngeliatin buku-buku yang disodorin ke gue. 'Ini mah buat anak kecil atuh! Napa gak sekalian ngasih gambar bongkar pasang aja?!') gak yang kayak gini mbak!
SPT : lho, ini kan planet-planet?(tuh kan?)
gue : bukan ensiklopedia! bukunya tuh buku umum. Kayak buku penulis gitu..
SPT : kalo buku-buku penulis sih ada di sebelah sana.. (nunjuk ke rak 'UMUM' yang udah gue samperin tadi)
gue : iya, tadi aku udah nyari disana, tapi gak ada..
SPT : kalo gak ada disana, berarti emang gak ada!(nadanya rada naik. Kayaknya si mbak ini udah kecapek’an. Apalagi harus ngeladenin anak gak jelas yang dari tadi dicurigai sebagai pencuri buku ini..)
Gue : …
Gue : jadi gak ada ya?
SPT : iya! Kalo tadi nyari disana dan nggak ada, berarti stoknya memang gak ada!!..(Seharusnya gue yang emosi! Kalo aja disana gak ada pengunjung sama sekali, orang ini mau gue timpuk ama 7 seri novel Harry Potter yang tadi gue liat di rak! Lalu kabur secepat-cepatnya!!...)
gue : “oh.. ya udah kalo gitu. saya nyari di tempat lain deh..”(mulai meninggalkan toko dengan senyum manis. Gue masih berharap, kalo aja gak ada pengunjung sama sekali. Novel-novel Harry Potter itu masih disana.)
...


hp gue bunyi lagi.. sms lagi.
...

Tan gmn bukux dh dapt blm?
cz hrs dkmpulin bsk.blz!
.....................
.....................



blom..

td bruw nyri d tko2 bku
dket kmpuz..

mang dkmpuln pgi pa sore?

Klo mw, bsk tk carikn lg d
jl.smrg..
gmn?
......................
......................



dkmpuln sore ya udh mksh
ya trsrh u ja mw nyari dmn,yg
pnting dpt bkx.
.........................
.........................





pencarian hari kedua, sabtu 14 maret 2009
...
hari ini, gue bangun pagi. Jam 5-an udah bangun. Gak tau kenapa..
setelah bersepeda ria sejenak,(hum... segarnya udara pagi...) dan sempet mau diincer anjing penjaga di perumahan yang gue lewatin,(untung gue bisa bahasa anjing sedikit-sedikit..) gue nyapu-nyapu halaman rumah.(kebiasaan gue tiap pagi. Tapi kalo gak lagi sibuk ato bangun kesiangan.)
...

setalah mandi pagi,(kalo yang ini, sumpah! Gue jarang mandi kalo sabtu-sabtu gini gak keluar) gue buka hp buat ngecek sms-sms yang masuk.


!!!
Gue kembali inget kalo gue harus nyari buku di Jl. Semarang!

Oke!!!.. (dengan semangat 45)
Berarti jadwal gue hari ini adalah!!..

“SEHARIAN NYARI BUKU SAMPE KETEMU!!”

ya, itulah jadwal gue kali ini. Dan misi kali ini harus berhasil. Waktu gue cuma sampe siang ini aja. Karena sore nanti bukunya harus segera diserahkan temen gue ke dosennya.
Sungguh sebenernya tugas yang sangat sulit. Bayangin aja, gue harus nyari buku yang secara fisik gak pernah gue liat sebelomnya!
Gue jadi ngerti perasaan 'para pemburu hantu' yang sering berusaha nangkep hantu-hantu yang gak keliatan wujudnya, yang lalu dimasukin ke botol sirup itu.(emang ada hubungannya?)
Hal ini juga didukung dengan info yang sangat, sangat-sangat-sangat-sangat singkat mengenai buku ini!

Oke! Berjuanglah!!!....
...



jam 07:30 gue udah berangkat.

Oke! Rencana gue begini..
perjalanannya kan 1 jam, jadi jam 08:30 gue nyampe disana. Gue harus langsung nyari disana..

terus,,....
ehm...
...
Apa ya?…

ya nyari terus aja ampe ketemu!!
...
(bego banget ya? Rencana apaan nih!!)
udah ah,, gak pake rencana-rencanaan....
langsung nyari aja deh..
(masih tetep keliatan bego)

gitu nyampe disana,(setelah hampir kelelep di daerah Tambak Dalam yang banjirnya kayak lautan itu... Hikz!...) gue langsung nyamperin kios di luar gang yang pertama kali gue temuin disana.(sial banget mereka hari ini..)


Di tempat ini buku bekasnya buanyak banget! Kenapa gue ngomong kayak gitu? Karena emang buku disana buanyak banget!!(pasti makin bingung kan?..)
Jangan bingung! Pokoknya intinya tuh, disana bukunya emang banyak. Hampir segala ruang disana di isi ama buku. Bahkan ampe halaman depannya juga diisi ama buku.(hampir ke jalan raya) Buat lewat masuk aja, jalannya sempit banget! Belom lagi di temboknya! Gue liat di sini, buku yang di taroh-taroh di dindingnya tuh numpuk ampe ke atap!
*ngeliatin buku dari lante ke atas ampe ke genteng*

Ngeliat itu semua, gue mikir...
'kalo buku-buku ini ambruk gimana ya?'
Bukannya ngedoain ambruk ato gimana, tapi bayangin aja deh, buku-bukunya tuh disusun tinggi banget! Dan alas bukunya dari bawah ampe keatas tuh cuma satu. Dari triplek lagi. Bisa bayangin kalo gue tertarik pengen ngeliat salah satu buku yang ditumpuk itu, dan posisi bukunya ada di tengah-tengah tumpukan? Kalo gue tarik tuh buku, pasti yang terjadi adalah buku-buku itu ambruk tak beraturan!
Dan, kalo satu tumpukan buku ambruk,, (menurut perhitungan gue, setelah ngeliat posisi buku-buku itu) kalo satu ambruk, maka yang lainnya juga bakalan ambruk juga..

oh... ini kayak di suruh mencari buku yang tepat dari ribuan, eh puluhan ribu buku yang ada di sana.
Gitu gue salah ngambil buku, maka gue akan terkubur bersama buku-buku itu disana...
Kalopun minta tolong ke yang jaga tempat itu, palingan dia cuma bakalan bilang,,
“Nak, jangan sia-siakan masa mudamu Nak!”
“Saya juga masih ingin lama bekerja di sini.. lebih baik tak satupun dari kita mengambil buku itu!”

Dan mungkin, Sambil menepuk bahu gue, dia pasti mengatakan kata terakhirnya..
“jalan yang kau tempuh masih panjang… carilah buku di tempat lain…kuasailah ke-empat elemen itu sebelum komet saozin jatuh di saat titik balik matahari..” (tunggu! Kok malah kecampur cerita ‘Avatar’ ya?)



gue langsung masuk..
Gue langsung nyari disana...
...


5 menit kemudian..
Gue masih nyari...
Orang makin rame berdatangan…
...


sang pemilik toko ngeliatin, mirip kejadian kemarennya.

....

15 menit kemudian..
masih aja nyari....(dalam kondisi ini, gue udah keringetan. gue lupa buka jaket..)
...
Orang makin sesek aja disini..



25 menit kemudian..
OKE! Gue nyerah!! (gue keluar, buat nyari udara segar..)

Gue bingung, gimana caranya nyari sebuah buku di tempat ini..
Gue bingung abis ama susunan buku di tempat ini. Bukunya tuh campur-campur gak karuan...
Buku-bukunya gak disusun berdasarkan jenis dan isi bukunya. Bisa bayangin, waktu gue dalam proses nyari itu, gitu gue ngeliat buku tentang ekonomi gitu, eh di atasnya malah ada komik jepang (gue lupa, komik apa). Gitu gue ngeliat judul buku tentang islam dan keimanan, eh malah ditumpuk ama buku ‘INTISARI’.
Masih mending disusun ama buku INTISARI. Coba aja kalo buku itu disusun ama majalah PLAYBOY, pasti yang milih buku bakalan tersesat ke jalan yang salah!!
Hehe.. ngarep!!


Gue : mbak, ada buku tentang bumi ato planet-planet mbak?
Sang Penjaga Toko? Bukan! Kios? Entahlah!(SPTBKE): planet-planet?
Gue : iya. Katanya bukunya tentang planet-planet ato tentang alam gitu.. ada gak ya?
SPTBKE : EH, BUKU PLANET-PLANET ADA DIMANA?!!! (teriak ke penjaga lainnya yang ada di depan. Gue mundur selangkah. Takut terjadi apa-apa..)
SPTBKE 2: HAH?? (teriak juga. gak kalah keras. Orang ini terlihat sibuk ngeladenin para pembeli)
SPTBKE : PLANET-PLANET!! BUKUNYA DI MANA?? (masih aja teriak.. buku-buku terlihat bergeser dari tempatnya..)
SPTBKE 2 : DI RAK KIRI!! YANG NOMER DUA!!
SPTBKE : (pergi ke rak yang dimaksud.)
Gue : … (berkali-kali ngucapin hamdalah)


SPTBKE : (balik lagi..) yang kayak gini? (nyodorin beberapa buku)
Gue : (ngeliatin buku yang disodorin. Terlihatlah disana: 2 buku ensiklopedia(lagi), 1 buku Fisika kelas 4 SD(emang sih, cover-nya bergambar planet), 2 buku umum tentang lingkungan ) ehm… gak gini mbak!… ada yang lain gak?
SPTBKE : cari sendiri aja yah?
Gue : ya udah deh..


Akhirnya gue kembali lagi nyari sendiri tuh buku. Gue juga menyadari, nyari buku yang kita gak pernah tau tuh emang gak gampang. Apalagi kalo kita asal-asalan nyarinya..
Dan mbak-mbaknya ini juga masih banyak tugas lainnya yang harus dilakuin lagi..
Akhirnya gue merelakan untuk nyari sendiri lagi..
(tumben ngomongnya bener! Makan apa sih tadi pagi?)

Oke! Semangat!!!..




3 jam kemudian…


Huh… udah sekitar sepuluh kios gue masukin dan gue pelototin satu-satu bukunya itu, ternyata masih enggak nemuin juga! selama kurang lebih tiga jam, gue memeriksa satu-satu buku dengan mencermati pengarangnya dan judulnya.
Zen Mmt. Sebuah nama yang tak satupun tercetak di buku-buku di kios-kios yang gue samperin selama tiga jam pencarian gue ini. sungguh sebuah nama yang sungguh-sungguh gue harapkan bisa gue temuin hari ini.


Gue putus asa.
Gue merasa buku itu mungkin tak pernah nyata. Mungkin buku itu hanya khayalan atau mitos belaka.

Gue depresi.
Gue ngerasa gagal dalam menjalankan tugas gue sebagai sahabat. Atau setidaknya sebagai teman.

Gue ngerasa nggak berguna.
Gue ngerasa salah. Apa gue kurang berusaha lebih keras lagi dalam mencari? Apa gue salah dalam teknik mencari?
Lalu gimana nasip Nana?
Gue gak tau. Berkali-kali gue sms gak dibales. Gue telpon-pun gak nyambung.(apa hp-nya dimatiin ya?)

Baru aja gue mau lari ke jalan raya buat bunuh diri karena ngerasa nggak berguna, langsung gak jadi.
Inget kalo hari ini nyokap lagi buat donat di rumah.
Guepun kembali pulang. (dengan perasaan sedih dan penyesalan yang sangat. Dengan membawa 2 buah komik yang terbeli tadi.)


(Mom! I’m coming!..)
Huh… makanan bikinan nyokap ngebuat gue bersemangat hidup lagi.. ^^

10 Responses to "-pencarian buku misterius!! (bag:2)-"

Pika Priska Says :
12 April 2009 20.35

hahahah... trus nasibnya temen ka boot gmn tuh ?? dia ga nyari bukunya ? harusnya nyari bareng atuuh..

-boot_d- Says :
12 April 2009 20.48

gak tau deh...

emang seharusnya nyari bareng...

tapi gimana bisa, untuk mingkem aja sulit....
(hah?)

♥ h.I.M.e ♥ Says :
12 April 2009 22.11

wkwkwk,,
emang nasib blom beruntung ..
silahkan dicoba jika ada kesempatan lagi.... ^^

kyra.curapix Says :
13 April 2009 13.22

waduh,,,cerita bersambung yak

sintiapalumbo Says :
13 April 2009 14.39

eh trus gimana dunk nasibnya temenmu? googling dulu, ato nanya gramedia, mungkin bisa sediain?

-boot_d- Says :
13 April 2009 19.54

waduh.. times up!!

Able Says :
13 April 2009 23.39

wah kek cinta fitri nih...^^

QEnt-chan Says :
14 April 2009 17.13

haha.. busset ! gak jadi bunuh diri gara2 nyokapnya bikin donat !!!
beuh...
kasian amat mencari buku.. mboknya laen kali mencari cewek.. wakakakaa

-boot_d- Says :
16 April 2009 14.21

hehe... iya juga yah...^^

tapi ceweknya gag ada yang mau seh...
(malah curhat..)

KangJoko Says :
18 April 2009 08.15

kaya sinetron aja he...3x

Posting Komentar