-good bye, Blues!-

Author: Budiharja Kusuma // Category:

Wow, gak kerasa si Blues (vespa gue warna biru) udah nemenin gue kuliah selama lebih dari 2 tahunan ini. Kalau gue inget-nget banyak pengalaman suka duka yang gue alamin berdua dengan scooter terkutuk tercinta itu.


Gue masih inget betul, waktu awal-awal dulu, waktu pertemuan awal gue dengan si Blues. (flashback) Karena gue yang akan kuliah ini gak ada motor di rumah, maka gue (setelah berusaha jungkir balik ngerayu) karena baik hati, akhirnya dipinjemin vespa antik sebagai kendaraan gue untuk bisa kuliah.

Kesan pertama gue waktu pertama kali dapet vespa ini, tentu, apa gue bisa ngendarain kendaraan (hasil evolusi mesin pemotong rumput) ini? Sebagai anak normal yang suka motor standar, gue selalu ngebayangin ngendarain vespa itu pasti sulit banget! Sesulit menyetir buldoser yang biasa buat ngeratain aspal, mungkin. Tapi setelah gue diajari tutorial caranya makenya ama kakek gue, ternyata gak sesulit bayangan gue. Cuma kayak nyetir buldoser versi mini.

(Persamaannya cuma: Sama-sama berbobot sangat berat. Sama-sama butuh tenaga ekstra buat ngidupin mesinnya. Sama-sama gak boleh guling-guling dibawahnya kalau udah jalan)

Dalam masa-masa ta’aruf (baca: pengenalan) juga gak lepas dari hal-hal seru. Pas pertama kali gue nyoba ngendarai si Blues, gue meng-kopling kekencengan dan vespa itu langsung meluncur ke depan tak terkendali. Gue berhasil nyungsep.

Di kesempatan lainnya, waktu gue bonceng nyokap dan saat kita lewat di jalan yang menanjak berat, pas gue ganti giginya gue malah jalan mundur waktu nge-gas. Nyokap langsung ngerasa horror dan terancam jiwanya seketika. Gue yakin ketika itu nyokap bersumpah pada dirinya gak akan mau naik vespa lagi.

Tapi gue gak menyerah dengan segala kesulitan ini, karena gue tahu: Cuma kendaraan ini kesempatan gue untuk bisa kuliah.

Setelah cukup lihai dalam mengendarai vespa, guepun melanjutkan petualangan dengan membawa si Blues ke kampus tiap hari.

Ternyata hal seru gak berhenti di situ. Beberapa saat setelah gue bawa si Blues, gue berhasil dengan sukses nyerempet motor Mio seseorang pas waktu berangkat kuliah dan harus mengganti tutup mesinnya yang rusak gara-gara nyeruduk kendaraan-lapis-baja gue. A bad day, I remember. Gue masih inget, gue harus kehilangan uang tujuh puluh ribu dari dompet gue ketika itu. Setelah mengganti uang, stang gas gue bengkok dan gue gak berani bawa ke bengkel karena duit gue habis saat itu.
Pernah juga pas jalanan masih banjir setelah hujan yang cukup deras gue nekat nerabas dan hasilnya si Blues mogok karena mesinnya kemasukan air. Gue terpaksa harus berhenti dan ganti oli di tengah jalan. Dan masih banyak lagi hal seru lainnya.

Mungkin kalau kata orang: kita gak jodoh. Gue pengennya naik motor yang bisa yang gak ribet, yang tinggal gas dan langsung jalan (kalau bisa naik Honda CBR sih), terus si Blues pengennya punya tuan yang pecinta vespa yang selalu nge-lapin dia dan benerin-hal-yang-gak-beres-pada-dirinya-sekecil-mungkin tiap harinya, yang gak suka-ngegas-sembarangan-nyungsep-nabrakin-dia.
Ya, tapi mau bagaimana lagi, kita saling membutuhkan. Gue butuh si Blues buat bisa berangkat kuliah, dan si Blues butuh gue buat nganter gue kuliah (Oke, gue ngaku! Cuma gue yang butuh si Blues).
Tapi kalau dipikir-pikir, gue gak buruk-buruk amat juga kok dalam merawat si Blues! Tiap mau berangkat kuliah, gue selalu ngisi bensin. Tiap hampir nabrak, gue juga selalu ngerem. Apanya yang kurang coba?!

Petir menyambar.

...

Gue masih inget, baru kemaren gue mengalami kutukan ban bocor, yang kalau gue pikr-pikir lagi sekarang, hal itu sungguh gak masuk akal. Dalam seminggu gue bisa bocor 4 kali, pemirsa sekalian! Bahkan pernah gue, ban bocor dua kali sehari selama dua hari berturut-turut! (Ini ban bocor atau minum obat, dua kali sehari?!) Belum lagi masalah busi yang hingga terakhir kemaren masih aja gue alamin tanpa henti-hentinya.

Sekarang, seolah semuanya itu menjadi kepingan-kepingan gambaran sketsa kejadian, dengan gue sebagai tokoh utamanya.

***

Gak kerasa, udah lebih dari dua tahun gue merasakan pengalaman suka duka bareng si Blues. Emm.. Oke, maksud gue pengalaman duka-duka. Dan ini adalah akhirnya.

Ada juga hal-hal baru yang gue alamin di jalan sejak naik si Blues, misalnya disapa pengendara vespa lainnya tiap ketemu di jalan, trus ada anak kecil ngasih posisi hormat tiap gue lewat, juga anak-anak TK yang teriak histeris ramai-ramai, ”VESPA! VESPA! VESPA! EH, ADA VESPA!” Yang membuat gue sering merasa bangga, mempunyai vespa sebagai kendaraan.
(yang dimana, kebanggan itu langsung lenyap ketika gue tahu ternyata maksudnya, ”Vespa! Vespa! Ternyata jaman sekarang masih ada orang make vespa!”)

Ya, ini adalah akhirnya. Mungkin di perpisahan terakhir gue dengan si Blues kali ini gue pengen ngucapin kata-kata perpisahan.

...

Blues, si vespa pembawa sial penolong gue, terima kasih ya udah nemenin gue selama ini. Gue gak bisa bayangin kalau gue gak pernah bertemu denganmu. Entah, apa yang akan terjadi.

Gue tahu belakangan ini adalah akhir dari sisa-sisa tenagamu, tapi kamu terus berusaha bertahan hingga aku siap kehilanganmu.

Terima kasih banyak untuk selama ini..



Oh ya, gue juga mau ngucapin selamat tahun baru untuk teman-teman semua. Semoga di tahun 2011 kita akan jadi lebih baik lagi.

Tunggu post gue selanjutnya.. ^^

9 Responses to "-good bye, Blues!-"

nee.Ya.nia Says :
31 Desember 2010 20.29

semoga si blues sabar... :)

oh iya,, font-nya jelek.. *kabur

tyas Says :
1 Januari 2011 10.17

kasian si blues...
di aniaya mulu..
apa majikannya yang dianiaya si blues?
wkwkwk...

Rizky Says :
2 Januari 2011 00.25

emangnya vespa u mau d kemanain bud??? udah nggak d pake lagi?? knp?? wht happen ma si vespa??

ika hardy Says :
2 Januari 2011 03.04

duh emosional bgt bacanya :)
mmgnya skrg si Blues kemana? dijual atau ga bs dipake lg?

-boot_d- Says :
2 Januari 2011 09.26

@neeya: dia sudah bersabar.. :)

@tyas: sebenrnya aku yang dianiaya.. T.T

@rizky: tutup usia.. :')

@ika hardy: gak bisa dipake lagi.

So Sweet Says :
12 Februari 2011 10.16

Boleh ikutan gabung dong

andikurnia Says :
14 Februari 2011 22.40

hey blogger.... :)

you have an stylish blogger award from me....

congratulations and keep blogging.. :)

http://blog.andikurnia.com/2011/02/14/stylish-blogger-award-from-jembelisme-media/

cintyara Says :
26 Maret 2011 14.33

ikut gabung yah... :)

Posting Komentar